Pengalaman Terbang dengan Air Asia

Pas nulis ini entah kenapa rasanya kok aku gak gaul banget yah. Udah tahun 2017 tapi baru nyobain naik pesawat Air Asia yang terkenal dengan murahnya di Indonesia.

Semua orang pasti tahu bahwa Air Asia itu low cost carrier, yang berarti harga yang ditunjukkan adalah harga bangku doang, belum termasuk bagasi apalagi makanan. Tambahan info aja, aku tuh jarang banget naik pesawat untuk penerbangan dalam negeri. Dulu pernah naik pesawat yang lain dan delay lumayan lama, jadi kali ini aku coba naik Air Asia dan berharap pesawatnya on-time. Soal bagasi, karena aku pergi sekeluarga, jadi cuma 1 orang yang beli bagasi, selebihnya masuk kabin. Oh iya, ini perginya dari Indonesia ke Singapore kok. Jadi memang gak bawa barang banyak dan gak niat belanja banyak juga.

Karena udah lama gak pulang ke Indonesia, jarang juga naik pesawat dan dilayani dalam bahasa Indonesia, jadi pengalaman terbang naik Air Asia ini cukup buat aku mikir “gini toh pelayanan penerbangan Indonesia…”

* * *

kakaotalk_20170208_160916727

Check-in & Tempat Duduk
Air Asia menyediakan fasilitas untuk web check-in, tapi waktu itu aku gak coba pakai itu. Jadi untuk check in, seperti biasa aku ke bandara dan ngantri di tempat check innya. Layanannya tidak ada yang spesial, tapi aku agak bingung sama cara mereka pilihin tempat duduk buat para penumpangnya.

Rombonganku ada 6 orang dan pas check in aku minta supaya duduknya bisa barengan karena ada 2 orang adikku yang kecil. Tapi petugasnya bilang mereka ga bisa nentuin tempat duduknya karena ada orang yang sudah check in duluan. Masuk akal sih tapi kan maksudnya ya, jangan sampai dipencar jauh-jauh juga gitu lho tempat duduknya. Akhirnya aku dapet tempat duduknya 2-2-1-1. Semuanya di row yang berbeda. Ada satu yang dapet tempat duduknya jauh. Untungnya ada yang dapet tempat duduk buat 2 orang, kalau nggak masa adikku yang kecil harus duduk sendiri? *Tiba-tiba ngerasain pentingnya web check-in. Hehehe*

Aku sama sekali gak ada masalah sama ini tapi aku ngeliat ada ibu-ibu dengan 2 anak tapi dapet tempat duduknya sendiri-sendiri gitu. Mana anaknya masih kecil pula. Untung orang di sebelahnya mau tukeran tempat duduk, jadi paling nggak anaknya yang paling kecil bisa duduk sebelahan sama dia. Mungkin dia telat check in atau gimana, tapi tempat duduk mereka itu window seat semua. Berarti.. masa gak ada yang milih untuk duduk di window seat itu? Atau waktu itu kebanyakan yang pergi berdua-dua terus milih tempat duduk di aisle semua? Entahlah. Waktu itu kayaknya yang pergi itu rombongan keluarga semua tapi posisi duduk mereka itu depan belakang sama anggota keluarga mereka, bukannya sebelah-sebelahan. Jadi sebenernya kalau pada mau tukeran tempat, mereka bisa aja duduk sebelah-sebelahan sama keluarganya. Bingung. Aku ngerasa cara mereka nentuin tempat duduknya agak terlalu random.

Oh iya, aku dapet tempat duduknya di hot seat lho. Katanya sih lebih luas daripada yang bangku biasa, tapi rasanya biasa aja. Tapi enaknya bisa masuk ke pesawat duluan, gak usah ngantri. Hehe.

* * *

In Flight Meal
Ini juga kalau diingat-ingat lucu sih. Aku sepertinya terbiasa dengan layanan yang kaku dan profesional jadi agak kaget dan ngerasa awkward aja sih pas ngeliat kejadian ini.

Jadi selama ini kalau aku naik low cost carrier yang lain yang gak nyediain makanan, kalau udah saatnya makan ya mereka akan ngumumin itu terus kasih makanan ke orang yang emang udah pesen sebelumnya. Kalau pun mereka mau nawarin makanan ke orang yang belum pesen, mereka rata-rata cuma lewat doang dan berhenti kalau ada yang manggil.

Nah ini, para pramugarinya malah dengan semangat nawarin makanannya ke para penumpang yang ada. Pramugarinya nawarinnya kayak gini. “Ayo sarapannya Bapak Ibu. Kita punya nasi goreng, indomie, dll.” Tapi dia sukses bikin para orang tua jadi galau dan malah jadi ikutan nawarin anaknya yang belum sempet sarapan. “Kamu belum sarapan kan? Mau makan gak? Makan dulu gih biar gak masuk angin.” Hehehe. Strategi marketingnya berhasil.

Terus ada satu lagi yang lucu sih. Jadi ada orang yang mauΒ minum teh dan ditawarin mau teh apa, terus mau panas atau yang dingin. Orangnya nanya balik kan, adanya teh apa aja. Sang pramugari dengan semangat ngejelasin mereka punya teh apa. Setelah orangnya milih, tahu gak pramugarinya bilang apa? “Maaf Pak. Ternyata tehnya abis. Mau diganti jadi Nu Green Tea aja gak yang botolan?” Beneran deh, aku yang denger kayak gitu rasanya mau ketawa. Udah capek-capek jelasin panjang lebar, akhirnya beli yang laen.

* * *

Announcement
Aku cukup senang mendengar pengumuman di pesawat pakai bahasa Indonesia. Tapi yang bikin surprise adalah pas pengumuman setelah pesawatnya mendarat, pramugaranya (iya pramugara, bukan pramugari) malah nyanyi!! Beneran deh! Super pede banget dia. Flight aku kebetulan pas tahun baru, jadi setelah dia nyampein pengumuman yang resminya, dia ngucapin Happy New Year dan mau nyanyiin sebuah lagu. Kirain paling nyanyinya sebentar, atau cuma bagian reffnya doang tapi dia nyanyinya satu lagu full! Dari pesawat mendarat, tanda buat lepasin seat beltnya muncul, sampai pas lagi ngeluarin tas dari kabin pun nyanyinya masih belum habis. Hahaha. Akhirnya dia selesai nyanyi pas pintu pesawatnya dibuka. Suaranya sih.. biasa aja tapi thumbs up buat kepedeannya! Hehehe.

airasia_x_airbus_a330-300_nazarinia-3

* * *

Surprise aja ngeliat pelayanan di pesawat kayak gitu. Lumayan bisa bikin senyum-senyum sendiri dan gak berasa kayak lagi di pesawat. Hehehe. Tapi satu hal yang amat sangat berasa adalah orang Indonesia itu memang ramah ya! Friendly banget. Jadi gak heran kalau orang dari negara lain suka sama orang Indonesia yang terkenal sama murah senyumnya! ^^

Advertisements

One thought on “Pengalaman Terbang dengan Air Asia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s