YDFC Kingdom Family – Summer Retreat

Ini kedua kalinya aku ikutan retreat di YDFC (Young Dong First Church – gerejaku sekarang). Retreat pertamaku di YDFC itu 2 tahun yang lalu. Aku masih orang baru, baru 2 bulan dateng ke gereja itu dan langsung diajakin retreat. Aku inget banget dulu aku masih belum bisa ambil cuti karena baru mulai kerja juga. Jadi cuma bisa ikutan retreat 1 hari pas tanggal merah dan pagi-paginya dianterin sampai ke kantor. Hehehe.

Nah, retreat yang kali ini tentunya beda dong. Secara aku juga uda 2 tahun di gereja ini, kenal lebih banyak orang, terus retreat kali diadain 3 hari dan aku bisa ikutan full! Tema retreat kali ini adalah Kingdom Family. Aku sekamar sama cell group aku, yang terdiri dari 2 young married couples, one baby, cell leader aku dan tentunya aku juga termasuk. Formasi yang agak aneh tapi berasa banget kekeluargaannya. Kaya lagi jalan-jalan bareng sama keluarga beneran.

Aku mau cerita beberapa highlight dari retreat kemaren ya.

1. Aku dikasih waktu untuk presentasi tentang Indonesia. Cell group aku sih kurang lebih udah tau Indonesia itu negara yang kaya gimana, tapi kali ini aku punya kesempatan untuk jelasin secara detail. Untung dulu pas kuliah, pernah part-time ngajar tentang budaya Indonesia gitu, jadi masih ada PPTnya. So, aku tinggal update itu deh. Aku jelasin tentang bendera negara, seragam sekolah, dan presiden! Siapa presiden sekarang, hasil pemilu kemaren, dan proses gugatan yang lagi berlangsung sekarang. Psst, mereka tau lho yang menang nomor 2. Pemilu Indo kali ini benar-benar punya pengaruh yang cukup besar ternyata di luar negeri. Terus jelasin juga kenapa banyak orang-orang Cina di Indonesia, kapan masuknya, kenapa sering berantem dan lain-lain. Aku kurang tau tentang ini so I did some research dan cukup surprise dengan hasilnya. I found out why Chinese and Indonesians can’t get along together. Ternyata itu semua gara-gara Belanda, pas menjajah Indonesia dulu, mereka sengaja adu domba orang Cina dan orang Indonesia, jadinya berantem deh. Padahal awalnya orang Cina dan orang Indonesia hidup rukun lho. Terus kebiasaan itu terus berlanjut sampai sekarang. Bingung kenapa masih harus mendiskriminasikan orang Cina padahal mereka lahir, sekolah dan kerja juga loh di Indonesia. Kenapa harus dibeda-bedakan?

wpid-img_20140816_093413.jpg

Share the room with this cute baby!

2. Rafting! Yes. Ini acara yang paling ditunggu-tunggu sebenarnya. 2-hours rafting. Sangat menyenangkan dan langsung membuat semua orang tepar di kamar masing-masing setelahnya.

10603290_856114381079797_4653852821871779971_n

Fun way to defeat the summer heat!

3. I got a chance to worship using banner for the first time. Menari bebas dengan menggunakan banner as a worship tool. Rasanya? Nervous. Haha. Ga tau harus ngapain, tapi aku belajar untuk mengekspresikan pujian dan penyembahan dengan cara yang baru. Pujian dan penyembahannya cuma 1 jam tapi tangannya pegel banget  karena ternyata banner itu ga seenteng yang dibayangin.

10603409_855289237828978_4227861024830775601_n

No, that’s not me! I stand few steps behind from her.

4. Aku belajar kalau kasih itu harus dinyatakan dengan perbuatan. Ngga cuma dari perkataan dan peluk-pelukan doang. But by spending some time with others, encouraging each other, saling membangun, dan saling menghibur. Tentunya gampang ngelakuin ini kalau keadaannya lagi baik. Tapi kalau ngga?  Bisakah kamu tetap mengasihi dan berada di samping orang yang keadaan fisiknya kurang? Meluangkan waktu untuk teman yang lain yang butuh pendengar walaupun kamu tau bahwa kamu akan mendengar sumpah serapah dan hal-hal negatif yang mungkin bisa membuatmu down juga? No, you can’t. But He is able. He is able to help you so you can share the love that you already received to others.

5. Kesempatan untuk bergabung dan mengikuti retreat ini merupakan suatu anugerah yang luar biasa. 3 hari full beraktivitas dengan teman-teman dari negara lain. I’m the only Indonesian, most of them are Koreans, and there was some friends from Ethiopia, Congo, Kyrgyzstan, Taiwan, and China. Feel so blessed.

wpid-1408196282271.jpeg

Family from other nations

* * *

Kalau ada yang mau liat, ini kegiatan pas retreatnya. Selamat menonton!

 

* * *

P.S. I made some changes in this blog. Looks simpler and nicer than before, doesn’t it?
And oh, I updated my bio in About Me page and add Travel Journal page too. Don’t forget to check it!

Leave a Reply

