Philippines Mission Trip – Part 2

Ini kelanjutan cerita dari Philippines Mission Trip (Klik disini untuk baca part 1nya).

  * * *

[Rabu. July 31, 2013]

Hari Rabu kami ke pergi ke UP (University of Phillipines), terus makan di kantin kampusnya. Nyobain tapsilog. Tapsilog itu daging sapi terus rasanya asin-asin enak gitu. Untuk aku yang hampir tiap hari makan Korean food, tentunya makan makanan kaya gini sih rasanya enak banget. Walaupun agak asin tapi cocok di lidah banget.

tapsilog end© BUSOG! SARAP! 2009

Tapsilog – Taken from http://www.busogsarap.com/

Suasana disana juga cukup menyenangkan karena suasananya mirip Indo banget. Suasana orang yang jualan, kantinnya, tempat duduknya.. kaya sekolah (atau kampus) banget gitu. Aku jadi mikir, ooh kalau kampus Indo tuh suasananya kaya gini. *Maklum, ga kuliah di Indo* Terus sorenya mampir ke salah satu rumah teman, rumahnya ketua dari cell group di Manila.

Nah hari Rabu ini tuh banyak yang pulang karena mereka ga bisa cuti dari kantor lama-lama. Tapi yang paling berasa adalah pemimpin pujian dan pembawa kotbah (cerita) di children ministry pulang!! Mereka itu 2 orang yang pegang perang penting, terus salah satu dari mereka juga guru TK jadi emang biasa ngehandle anak-anak. Jadi hari ini aku dan teman lain, Yuri, berdua yang jadi pimpin keseluruhan acara. Nah, anak-anak ini entah kenapa lebih ga bisa diatur daripada kemarin, lebih ga bisa diem. Terus di tengah-tengah acara, aku, Yuri dan teman lain yang melayani di children ministry ini harus keluar dan nari di kebaktian umumnya. Jadi kami dengan berat hati meninggalkan mereka dengan sisa 3-4 orang guru aja, lalu pindah ke kebaktian dewasa. Selesai nari, pas balik lagi ke ruangan sekolah minggu, anak-anak itu ternyata lagi asyik gambar-gambar. Liat deh gambar-gambarnya mereka.

God loves you

God loves you

20130731_212522

Welcome to my house

Abis itu ga lama kebaktian selesai dan mereka pulang. Pas ruangan itu kosong, kami cuma bisa diam dan merenung. 2 hari KKR, yang uda kami persiapkan dari 1-2 bulan sebelumnya, sekarang uda selesai. 좀 안 쉽지만 semuanya uda beres. Ngeliat ruangan yang kosong sambil copotin dekor ruangan dan dengerin lagu sekolah minggu yang tadi, rasanya.. aneh.

20130731_180420

Second day – Children Ministry Team

  * * *

[Kamis. Agt 1, 2013]

However, God gives us very big surprise on the next day. Kamis pagi ada beberapa orang lagi yang pulang, termasuk senior pastor, jadi cuma sisa kurang lebih 20 orang saja, termasuk youth pastor and his family. Hari ini kami pergi ke Bulacan City. Setelah beberapa hari muter-muter di Manila, hari ini kami ke kampung. Silakan bayangin kondisi kampung di Indo. Yap, sama persis. (Note: kampung disini maksudnya daerah diluar kota gitu ya. Don’t get me wrong.)

Pas sampe disana, kami disambut sama anak-anak buanyak banget. Terus disana juga disediain panggung juga buat kebaktian. Lapangan basket di tengah-tengah desa, disulap jadi panggung, terus disediain bangku-bangku juga. Ngeliat anak kecil yang super banyak, semua langsung teriak, “Tuh children ministry hari ini bisa pelayanan lagi.” Langsung lah kami ambil pompa dan mulai buat balon dalam berbagai macam bentuk. Beberapa orang juga siapin kuas dan siap buat face painting. Balon yang kami bawa itu sekitar 2 kaleng astor gitu dan semuanya habis ludes tidak bersisa. Emang sih beberapa uda dipake buat kebaktian kemaren dan buat dekor, tapi hari itu kayanya kami bikin lebih dari 100 balon. Jadi anak-anak itu tetep senang sambil nunggu yebe tim siap-siap.

Cuma bisa bilang 1 kata buat kebaktian hari itu: 대박! It was super amazing. Kami ngajarin mereka gerakan lagu One Way versi Hillsong Kids, terus semua berdiri, loncat-loncat ikutin gerakan kami. Terus dilanjutin sama nonton film bareng-bareng, doa, lalu another “One Way” time. Sebelum kebaktian itu selesai, kayanya ada hampir 10x deh lagu One Way itu diputer. Kami ga ngajarin lagu lain, cuma itu doang tapi efeknya..luar biasa. Suasananya uda kaya konser. Ga cuma anak kecil, tapi yang dewasa juga ikutan. Walaupun udaranya agak panas dan keringetan, semuanya loncat-loncat dan memuji Tuhan. It was so so so so great. Sampe sekarang masih kebayang suasana waktu itu. Semua penyesalan karena kemarin rasanya kurang pol pas pelayanan, tergantikan dengan rasa syukur karena hari ini bisa kebaktian bareng sama orang-orang 1 kampung!

Kami sampai disana sekitar jam 11-12 siang gitu, dan tebak kebaktian itu selesai jam berapa? Itu selesai jam 6 sore! Semua orang puasa hari itu. Haha. Kami sarapan sekitar jam 8 pagi, terus sekitar jam 8 malem baru balik lagi ke hotel. Terus masih perlu mampir lagi ke supermarket buat beli bahan, dan kami baru makan malem jam 10. Tapi semuanya puas! Bahagia.

1000566_641408459217058_2060600797_n

[Jumat. Agt 2, 2013]

Besoknya kami mampir dulu ke Mall of Asia, one of the biggest mall in Manila. Nyobain makanan filipin lagi. 역시 makanan di asia tenggara itu enak-enak tapi makanan filipin asin banget. Terus beli beberapa souvenir dan pulaang. Sempet ada beberapa masalah di bandara karena kami tim terakhir yang pergi. Koperku kebawa sama tim yang pergi 3 jam lebih awal daripada kami, terus yang ada orang dari tim itu yang ga bawa kopernya. Jadi intinya sih sama aja. Terus sempet ketahan karena kami bawa terlalu banyak kabel. Akhirnya harus merelakan beberapa multitab untuk dibuang dan bayar overweight 1 koper yang isinya 2 buah ampli dan kabel-kabel. Terus sempet ada yang ilang boarding passnya juga. Boarding pass di filipin cuma kaya bon di restoran gitu. Pake kertas putih dan kecil ukurannya. Jadi ga heran kalau itu gampang ilang. Dan..we are flying back to Korea. See you Phillipines.

2013-08-04-01-34-47_deco

  * * *

Bonus: Video kegiatan mission trip. Credit to YDFC media team.

[vimeo 72180171 w=640&h=360]

4 thoughts on “Philippines Mission Trip – Part 2

  1. Pingback: Philippines Mission Trip – Part 1 | The Little Light of Mine
  2. Pingback: Philippines Mission Trip 2015 | The Little Light of Mine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s