Philippines Mission Trip – Part 1

Akhirnya aku punya waktu juga buat nulis post tentang ini. Kerjaan di kantor cukup menyita waktu dan pas weekend aku harus beresin rumah yang uda kaya kapal pecah. Semua barang berantakan karena waktu itu baru bisa packing beberapa jam sebelum berangkat. Hehehe. So, here is the story about mission trip in Philippines.

 * * *

 Ada sekitar 60 orang dari gereja yang pergi buat mission trip kali ini. Flightnya dibagi jadi 3: 2 team yang berangkat hari Minggu dan 1 team yang berangkat bareng senior pastor hari Senin. Barangnya? Ga usah ditanya. Kami uda kaya mo pindah gereja. Haha.

Gerejaku ini pake sistem cell-group gitu. Jadi sebenernya, kami ga punya gereja di Filipin, tapi kami punya cell-group disana. Ada 2 cell group di daerah yang beda disana, Manila dan Davao. Jadi tujuan mission trip kali ini adalah menjenguk cell-group yang ada di Filipin itu, ngadain KKR, evangelism and do some missionary works. Karena kita ga ada “gedung gereja” disana, jadi semua peralatan untuk kebaktian, semacam sound system dan lain-lainnya harus dibawa dari..Korea. Ada 2 koper besar yang isinya kabel dan multitab, speaker, mic, ampli, keyboard, electric drum dan berbagai macam gitar. Gitarnya ada dalam berbagai macam bentuk, dari yang ukuran mini sampai ukuran besar, elektrik dan akustik, bahkan ada yang punya gitar transparan. Itu belom termasuk barang-barangnya media team, yang isinya projector screen, kamera dll. Belom lagi barang-barang yang mau disumbangin, ada komputer, gitar, baju-baju, terus barang-barang buat dibagi-bagiin. Hebatnya, semua barang itu bisa dibawa oleh 2 team (skitar 40 orang) yang berangkat hari Minggu tanpa ada biaya tambahan buat overweight! Kewl.

* * *

[Minggu. July 28, 2013]

Abis kebaktian di gereja, semua langsung makan siang kilat lalu bantu-bantu pindahin barang. Barangnya aja ga muat dimasukin 1 mobil van yang isi 12 orang. Jadi waktu itu kita nyewa 3 mobil. 1 setengah mobil buat barang, sisanya buat kita duduk. Terus kami kan berangkat pake baju samaan gitu, seru juga ternyata. Pasti pada mikir kaya anak panti asuhan atau anak sekolah gitu ga sih? Tapi ternyata baju itu amat sangat membantu untuk nyari orang. Ya iya lah, warna bajunya hijau mentereng banget, jadi dari jauh aja uda keliatan. Haha. Bayangin 30 orang pake baju warna samaan terus bawa-bawa barang banyak banget. Heboh. ㅋㅋㅋ

Kami sampai ke Filipin tengah malam tapi kami baru bisa keluar bandara sekitar jam 2 pagi. Di bandara juga sempet ketahan dikit-dikit gitu gara-gara ada yang disuruh buka koper atau boxnya. Ga heran sih kalau petugas bandaranya curiga. Wong anak-anak cewe manis-manis gini kok barang bawaannya segudang. (30 orang di flight ini, cowonya ga nyampe 5 orang.)

Yang ikutan mission dibagi jadi 4 team besar. 1 tim 1 kamar. Kami stay di apartment hotel gitu. Jadi kamarnya agak gede, bisa masuk 6-8 orang. Ada ruang tamu, dapur, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi. Lumayan banget kan. Dan di tim aku ada yang dulu pernah kerja sebagai baker dan dia suka masak. Jadi dia selalu bangun lebih pagi untuk masakin kita sarapan, terus buatin kita dinner juga. Dia bahkan sempet buat birthday cake buat salah seorang teman, pake roti tawar, whipped cream, dan buah-buahan. Kamar kami punya persediaan buah melimpah. Ada mangga, pepaya, nanas, apel, jeruk, terus buah dari filipin. Yeay. Aku sih puas banget makan mangga dan pepaya terus tiap hari selama disana.

* * *

[Senin. July 29, 2013]

Seninnya, 2 team ke Manila Bay, 2 team ke Malaki Univ. Tim aku ke Manila Bay. Disana kami bagi-bagi undangan buat KKR, praise and worship di pinggir pantai, cerita-cerita sama orang-orang disana tentang Tuhan. Kalau ngelakuin ini di Indo mungkin aku uda ngeri-ngeri gimanaa gitu kali ya. Takut ditangkep polisi atau diapa-apain gitu. Dan aku juga bukan orang yang bisa samperin orang di jalan terus bagi-bagi brosur atau gimana. Tapi teman-teman yang lain hebat. Walaupun bahasa inggris mereka ga gitu jago, tapi mereka pede-pede aja tuh ngobrol sama preman, tukang parkir, tukang delman, tukang pijet, dan anak-anak jalanan. Terus kami juga nempel-nempel poster di pinggir pantai, di delman, di becak, di deket 7-11, dimana-mana. Hihi.

970920_563870707004505_1445942585_n

Acts 29 Team

* * *

[Selasa. July 30, 2013]

KKRnya itu ada hari Selasa dan Rabu malam. Selasa paginya, kami ke taman kota gitu, namanya Rizal Park. Katanya dulu pertama kali Manila cell group lahirnya disitu, jadi kita kesana lagi, buat doa, trs nyanyi-nyanyi, dan ngundang orang-orang lagi. Cuma disini sempet dilarang gitu sama security disana, dibilang ga boleh maen gitar pake ampli gitu. Jadi maen gitar akustik biasa deh. Terus pas sebelum pergi, aku dan beberapa orang lagi (Worship Dance team) sempet nari “We are the reason” di pinggir jalan, deket zebra cross. Slow dance buat penyembahan gitu ditariin di pinggir jalan. But it feels good. 주님께 영광~ Sorenya mampir lagi ke bay, soalnya Manila Bay itu deket sama hotel tempat kita mo ngadain KKR malemnya. Terus malemnya, here we go. (Aku ga tau kebaktian orang dewasanya kaya gimana, tapi aku akan cerita tentang children ministrynya).

1000566_641408472550390_1201053723_n

Rizal Park

Sebelum kebaktian belom mulai, aku dan seorang teman, standby di depan pintu buat..face painting! Yeay. Gambar-gambarin hati, mobil, bunga di pipinya anak-anak. Terus pas kebaktian juga anak-anaknya nyanyi dan nari dengan semangat. Agak sedikit ricuh karena mereka bolak-balik mainin balon dan cabutin balon yang ditempel di tembok (agak kerendahan nempelnya), tapi overall semuanya berjalan dengan lancar.

* * *

Klik disini untuk cerita selanjutnya. Part 2!

4 thoughts on “Philippines Mission Trip – Part 1

  1. Pingback: Philippines Mission Trip – Part 2 | The Little Light of Mine
  2. Pingback: Bahagia itu sederhana #5 | The Little Light of Mine
  3. Pingback: Philippines Mission Trip 2015 | The Little Light of Mine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s