Didikan Tuhan

Beberapa waktu yang lalu, pas lagi baca beberapa blog rohani, aku sempet request ke Tuhan, “Tuhan, aku juga mau donk dididik kaya mereka.” Kenapa aku bisa tiba-tiba request kaya gitu? Karena aku melihat Tuhan membuat hidup mereka jadi luar biasa, dan tentunya semuanya itu ada prosesnya.

Nah dari beberapa blog yang aku baca, ada blog yang bikin aku ngiri: Adonijah. Blog itu isinya tentang perperangan rohani yang dialami sama sekumpulan anak-anak tim doa di Jakarta (Jakarta Timur klo ga salah). Aku kurang tau pasti tentang umur mereka, kayanya sih skitar 20 tahunan gitu, masih pada kuliah. (CMIIW) Tapi mereka uda dikasih karunia yang luar biasa. Mereka punya karunia penglihatan (selain bahasa roh, tentunya) lalu yang paling keren dan bikin iri adalah mereka bisa berperang di alam roh dengan persenjataan lengkap. Dari tameng, pedang, bahkan mereka dikasih kuda perang! Cool banget ga sih? Baca deh ceritanya disini

Tau kan kalau kita, anak-anak Tuhan, itu punya senjata perang dan sebenernya kita tinggal claim lalu belajar cara pakenya doang lho. Aku juga sebenernya cukup familiar dengan kata-kata peperangan rohani karena sering denger atau baca cerita orang lain, tapi belum pernah mengalami yang sendiri yang beneran real, sampe bisa ngeliat ini itu segala. Tapi pas baca blog yang tadi itu, aku beneran lho ngiri.😛

Lalu ga lama setelah itu, Tuhan kayanya mau mulai didik aku tapi malah akunya yang bandel habis-habisan. 2 hal yang Tuhan mau supaya aku belajar adalah 전도 <read: jondo> (menginjil) dan baca Alkitab.

Selama 2 minggu kemaren, tiba-tiba ada beberapa peluang untuk menginjili orang. Ga gimana-mana banget sih caranya, sebenernya cuma sesi cerita-cerita doang, tentang gereja, tentang Kristen. Ga harus sampe orang itu masuk gereja atau jadi Kristen (itu bonus!), tapi sebenernya inti dari penginjilan adalah memperkenalkan Tuhan sama mereka. Biar mereka bisa kenal Tuhan, tau ajaran yang benar, selebihnya yah itu sih urusan mereka sama Tuhan.

Nah karena satu dan beberapa hal, entah kenapa aku cukup ngotot ga mo ikutan. 1 minggu itu kayanya ada 2-3x kesempatan untuk menginjili orang, uda diajakin sama orang gereja juga, tapi aku beneran ga mau sampe bilang 싫어요! Ga mau. Titik. Makin diceramahin, makin bete. Pas banget hari itu emang ada janji ketemu sama orang gereja, jadi pas ketemu langsung dibahas lagi. Baru deh kebuka semuanya, kalau ternyata ada beberapa hal di masa lalu yang menyebabkan aku ga berani melangkah.

Udah nih beres. Lalu pindah ke topik berikutnya. Baca Alkitab. Aku belum pernah baca 1 Alkitab sampai habis. Yang sering dibaca biasanya yang ada ceritanya, yang ceritanya aku suka juga, kaya Kejadian, Keluaran, Ester, Rut. Nah jadi di cell group aku tuh lagi ada ngadain program baca Alkitab bareng. Tapi agak bolong-bolong selama 2 minggu ini karena aku sibuk dan ketuanya baru balik dari US abis seminar disana. Dan karena sekarang uda bulan Desember, tinggal 3 minggu lagi, ditambah dengan kegiatan di gereja yang cukup sibuk (aku sih ga ikut-ikutan sibuk :P) jadinya aku bilang mau stop dulu bulan ini. Entar januari baru lanjut lagi. Kena deh. Diceramahin sesi ke 2 tapi yang kali singkat. Kayanya cici di gereja uda mulai stress ngadepin aku sampe dia cuma komen, ntar cici doain kamu deh. Ga pake ceramah panjang-panjang kaya soal penginjilan kemaren.

Tapi emang minggu itu keadaan rohani aku ga lagi dalam keadaan baik. Aku sempet bilang, Tuhan aku give up deh soal urusan penginjilan kaya gini. Ini bukan panggilanku, biar orang laen aja yang ngelakuin. Tapi aku kembali diingetin kalau prosesnya itu yang penting. Jalan aja. Pergi dulu, melangkah dulu. Soal hasil, itu urusan Tuhan.

Abis itu pas hari Minggunya di gereja, ada lagunya Jesus Culture yang One Thing Remains.

Your love never fails. Never give up. Never runs out on me.

Dia aja ga pernah give up. Masa kita dikit-dikit nyerah padahal ga ada yang impossible lho buat Dia. Jadi sekarang yuk, lari lagi. Kejar Dia, jangan sampe ketinggalan. Belajar lagi. Jangan sampai orang lain uda naik kelas tapi kitanya segini-gini aja.

Leave a Reply

