Kenapa aku ke Korea?

Udah hampir 5 tahun aku tinggal di Korea, dan tentunya banyak orang yang bertanya-tanya,
“Apa sih yang buat kamu ke Korea?”
“Kenapa kamu pilih Korea?”

Aku yakin banget ini adalah 2 pertanyaan yang cukup sering didengar sama aku dan juga teman-temanku disini. Boleh dibilang, kita uda bosen banget sama pertanyaan ini dan kita sebenernya juga ga punya jawaban yang bisa memuaskan rasa keingintahuan mereka.

Mereka pasti mikirnya karena kita suka sama idol Korea, atau alasan yang paling klise, suka sama budayanya. Tapi itu semua salah. Kami (teman-teman seangkatan aku sih) kesini sebelum KPOP wave itu jadi terkenal. Beberapa dari kami bahkan ke Korea karena ga bisa ke Jepang (yang waktu itu jelas-jelas lebih terkenal dari Korea). Coba aja tanya pertanyaan itu ke teman-teman seangkatan aku, dan mereka akan menjawab, “Pas SMA, kami daftar sana sini, terus ikutan tes  terus lolos. Abis itu kami les Korea dulu di Indo sebelum akhirnya bisa ke Korea. 어쩌다가 한국에 왔어요~ (Accidentally, we arrived at Korea). Abis itu dijamin yang nanya cuma bisa komen, “Ooh…” dengan tampang masih belum gitu puas sama jawabannya.

Nah tapi kalau aku jawab gini sama orang yang baru kenal aku di gereja, pasti langsung diralat sama cici-cici di gereja. “Kamu tuh bukan karena kebetulan bisa ada disini, tapi itu semua karena rencananya Tuhan.”

Kalau dipikir-pikir sih, semuanya ini rencana Tuhan banget. Siapa yang nyangka kalau aku yang dulu pengen banget sekolah dan tinggal di asrama (gara-gara kebanyakan baca bukunya Enid Blyton), sekarang bisa ngerasain sekolah berasrama, di luar negeri pula. Punya temen-temen yang care, pergaulan yang sehat, bisa ngerasain rasanya jadi lovey-dovey campus couple, jalan-jalan kesana kesini, pelayanan, bisa nyobain part time job, dll. Ditambah dengan beberapa bumbu-bumbu, seperti berantem sama temen, homesick, gossiping others, dan jangan lupa juga sama tetes-tetes air mata yang harus mengalir karena beberapa hal.

Kalau kehidupan perkuliahanku dibuat film sih (terutama kehidupan anak angkatan aku sih), kayanya bisa jadi drama berseri. Apalagi kalau mengingat betapa cepatnya sebuah berita (atau gossip) beredar antara Busan-Seoul-Jakarta sekarang sih, kadang-kadang aku sendiri suka bingung, ini temen-temen pada masang satelit dimana, koq radarnya cepet banget nangkep berita terbaru. Hahaha.

Nah, selain itu, sekarang orang-orang biasanya nanya 1 pertanyaan lagi,
“Mau berapa lama / mau sampai kapan kamu di Korea?”

Aku biasanya menjawab dengan cukup pede, 5 tahun! Haha. Pernah sih berkurang jadi 3 tahun gara-gara jadwal kerja yang kurang enak beberapa waktu yang lalu. Tapi kalau sekarang aku ditanya pertanyaan yang sama sih, aku bakal jawab, “Selama yang Tuhan mau. Sampai rencana yang Tuhan punya selama aku di Korea ini selesai semua.” Dan entah kenapa, aku sendiri berpikiran kalau aku kayanya ga bakal pulang dalam waktu 2-3 tahun. Walaupun itu berarti, saat itu mungkin aku uda ga punya temen indo karena semua temen-temen uda pada dikirim ke indo sama kantor masing-masing, tapi liat deh. Sekarang aja uda hampir 1 tahun aku di Seoul, aku ngerasa banget masih banyak hal-hal yang masih dan harus aku lakukan sebelum aku balik for good ke Indo dan itu sepertinya tidak akan selesai dalam waktu 1 tahun ke depan.

Sekarang aku cuma pengen, pas nanti orang-orang nanya pertanyaan itu lagi, “Kenapa kamu ke Korea?” Aku bisa menjawab dengan jelas, “Aku ke Korea karena Tuhan mau aku berbuat A, B, C dan belajar D, E, F disini.” Bukan karena kebetulan tapi untuk memenuhi rencana dan janji-janji yang Tuhan punya buat aku.

2 thoughts on “Kenapa aku ke Korea?

  1. kamu k korea kerja yah jadinya?
    wah wah interesting, i want to know more about you😀
    selalu senang punya teman blogger kristen juga hihi.

    btw suka baca enid blyton ya? my fav is lima sekawan😀

    • waa senang dapet temen baru haha..suka banget sama enid blyton, paling suka sama lima sekawan sama malory towers. dan gara2 itu jadi kepengen nyobain tinggal di asrama😛

Leave a Reply

