E-7 Working Visa (2)

(lanjutan dari: E-7 Working Visa (1))

Orang kantor pun cukup heboh karena aku masih ga bisa apply visanya. Aku langsung buat surat keterangan soal jurusan, orang kantor langsung ngurusin dokumen yang lain. Keterangan soal kantor cabang di Indo pun akhirnya diapus karena mereka ga bisa kasih info lebih lanjut (saat itu keterangan soal kantor di Indo uda dijelasin sepanjang 2 paragraf dan org imigrasi minta itu dijelasin dengan lebih detail) dan surat KOTRA, yg butuh waktu kurang lebih 2 minggu, ga bisa disiapin hari itu juga. Aku pun harus ke imigrasi lagi keesokan harinya karena waktu sampai visaku habis tinggal beberapa hari.

Besoknya, aku datang lagi. Ga gitu peduli tentang antrian, yang penting hari ini dokumen harus bisa masuk. Thanks God, hari ini aku dilayani oleh sang ibu yang melayani aku 2 hari yang lalu. Aku ga bilang kalo kemaren aku udah datang dan si bapak gendut suruh aku bawa dokumen ini itu, aku cuma bilang klo aku udah bawa dokumen yang dia suruh bawa kemarin itu.

Dia ngecek semua dokumen aku dan bilang, “sayangnya kamu masih perlu surat dari KOTRA”. Aku pun akhirnya bilang, “surat dari KOTRA itu kan sebenernya ga wajib, kenapa aku harus bawa itu. Lagipula masa berlaku visaku uda mau abis. Aku ga bisa bolak balik gini terus. Emang klo ga ada surat itu, visaku ga bisa diproses kah?” Sang wanita itu akhinya bilang gini, “dokumen kamu uda oke koq sebenernya. Uda lengkap semua. Tapi klo ada surat dari KOTRA itu, kamu sudah bisa dipastikan bakal dapet visanya tanpa ada masalah lagi.” Dan dengan baiknya, dia akhirnya mencap dokumen aku, tanda bahwa dokumen aku udah diterima, walaupun aku harus tetap membawa surat dari KOTRA tersebut. Karena dokumen udah dicap, itu berarti aku ga bakal kena denda walaupun masa berlaku visaku abis, terus ntr aku klo kesana lagi, aku ga usah ngantri, ntr bisa langsung samperin dia dan kasih dokumennya.

Ribet banget kan ngurus working visa di korea? Ga cuma status S1 atau S2, tapi jurusan, besar kecilnya perusahaan, orang yg melayani di imigrasi juga cukup ngaruh. Kalo perusahaannya gede, ngurus visanya lebih gampang. Terus klo diurusin sama si bapak gendut, mungkin visa aku jg masih blm beres sampai sekarang. Surat dari KOTRA lagi diurusin sama kantor, semoga bisa cepet keluar dan urusan visa ini bisa cepet selesai deh.

NOTES:

Kantor imigrasi tempat aku ngurus visa: 서울출입국관리사무소세종로출장소

Kantor ini khusus melayani orang2 yang berdomisili di daerah:
종로구, 중구, 은평구, 동대문구, 중랑구, 도봉구, 성북구, 강북구, 노원구

How to get there:
안국역 6번출구 – 스케이 허브 빌딩 2층
(Anguk Station, line3, exit 6. Sky Hub Building 2nd floor)

Ada 4 loket yang buka untuk melayani urusan visa. Loket nomor 2 itu si bapak gendut, yang nomor 3 itu ibu yang ngurusin visaku sekarang.

One thought on “E-7 Working Visa (2)

  1. Pingback: E-7 Working Visa (1) « The Little Light of Mine

Leave a Reply

