여름 수련회

여름 수련회. Artinya retreat musim panas.

Yup, setelah hampir 4 tahun menetap di negeri ginseng ini, ini adalah pertama kalinya aku ikutan retreat gereja. Dari dulu selalu aja ada halangan buat ikutan retreat, tapi untungnya tahun ini ngga dan hasilnya luar biasa.

Retreat gereja tahun ini lokasinya di Miryang, sekitar 1 jam dari kota Busan, tempat aku tinggal. Katanya, retreat tahun ini adalah retreat dengan jumlah org Indonesia terbanyak yaitu 6 orang. Selain 3 orang lainnya yang berasal dari gereja yang sama, aku dan kawan2 berhasil mengajak 2 orang adik kelas lagi untuk ikutan retreat ini.

Retreat gereja tahun ini punya tema: DU Dream. Artinya: Dream high, Up dream, Do dream! Selama retreat ini, yang bakal kotbah adalah pendeta 한정우. Dia adalah pendeta yang punya karunia untuk bernubuat. Jadi kami diharapkan untuk pulang dengan membawa visi hidup yang baru, visi yang emang Tuhan kasih.

Retreat ini sangat luar biasa. Ada ayat afalan yang harus diafal setiap sebelum makan. Ayatnya dari Roma 8: 1-6. Ga afal, ga makan. Semua yang ikutan retreat dibagi per kelompok dan aku senang aku punya teman2 baru, anak2 NSM (New Song Ministry). NSM itu group praise and worshipnya gereja dan jadinya, hampir semua orang di NSM itu aku kenal sekarang.

Selain itu aku juga menemukan sisi baru dari 예전사 (sebutan untuk pemuda pemudi di gerejaku). Setiap ibadah itu terasa beda. Dimulai dari cara nyanyi sampai penyembahan. Semua total dilakukan dengan sepenuh hati. Pas nyanyi, semuanya bisa sampe loncat2. Seru banget! Dan pas penyembahan, itu terasa dasyat! Semuanya penuh dengan urapan Roh Kudus. Beberapa temanku pas didoain sama pendetanya, dikasih tau tentang nubuat2an gitu. Tapi ada juga yang dikasih tau jawaban dari 기도제목 (pokok doa) mereka masing2, padahal kita ga kasih tau kita mo didoain tentang apa. Aku salah satunya.

Retreat ini diakhiri dengan bermain air di sungai! Aku pulang dengan rasa cape tapi juga senang soalnya dapet hal2 yang jelas tidak akan dilupakan di retreat ini.

One thought on “여름 수련회

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s