Summer Internship

Summer is coming! Di tengah2 kesibukan mengerjakan tugas, aku juga punya kerjaan sampingan, yaitu mencari intern. Uda kuliah tahun ke4 tapi sekalipun ga pernah nyobain kerja di perusahaan Korea. Bukan aku yang ga mau, tapi sampai skg cuma 1x diinterview resmi untuk kerjaan. My first Korean interview, last summer, in Busan Bank. Sejak itu sih ada juga interview untuk kerjaan laen, cuma suasananya lebih casual dan bisa ngomong pake Inggris.

Beberapa minggu yang lalu ada job fair dsini. Gara2 acara itu juga, akhirnya aku menyelesaikan tugas yang aku tunda2 sekian lama, yaitu buat cover letter dan resume versi Inggris, juga 이력서 (resume) dan 자기소개서 (self introduction letter) versi Korea. Buat resume dalam bahasa Korea amat sangat memakan waktu. Dan agak menyebalkan. Bayangin aja, masa di resume nanyain berat badan, tinggi badan, minus mata, agama, data lengkap keluarga, mama papa kerja dimana, masih 1 rumah apa ngga, dan bbrp hal yang menurutku tuh ga penting. Ini mau nyari kerja atau mau ngapain? Sementara klo versi Inggris, data2 kaya gitu tuh ga penting dan mungkin, ga pantas untuk dtanyakan karena bisa menyebabkan diskriminasi. Agak ironis juga klo liat resume Korea yg ada kolom agama, sedangkan mayoritas org Korea adalah org yg tidak beragama.

Dan hari ini aku resmi melamar 2 perusahaan lagi. Boleh dibilang ini lamaran kerja yang ke2 dan yang ke3 di tahun ini. Lamaran kerja yang ke3 ini adalah lamaran untuk kerja di perusahaan IT. Boleh dibilang, ini pertama kalinya aku daftar di perusahaan IT, karena biasanya aku daftar intern yang mencari org asing. Aku pertama kali denger perusahaan ini di kelas, ada guru yang menyarankan, tapi dia ga tau org asing boleh daftar apa ngga, jadi aku sendiri ga nyari tau lebih lanjut. Kemudian, kmrn ini nemu perusahaan ini di job fair. Coba2 deh mampir. Tapi kemaren itu tuh, dia blgnya lg ga buka intern. Cukup aneh. Dan dia balikin CV yang aku kasih.

Beberapa hari kemudian, aku dkirimin email. Dia suruh isi form dan dkirim balik hari ini. Tapi yah, tadi siang aku ditelp dari kantornya. Dia nanyain uda terima emailnya belom dan ingetin jangan lupa daftar ya, hari ini terakhir. Jujur aku kaget. Baik banget orangnya sampe ngingetin gini. Dan tadi akhirnya, aku sudah selesai mengarang dalam bahasa Korea dan lamaran itu resmi dikirim pukul 6 malam waktu Korea. Entah kenapa, aku ingin sekali diterima untuk kerja di kantor ini, walaupun itu cukup beda dengan kriteria perusahaan idealku. Berharap ga ada salahnya donk. Hihi.

Ga lama abis itu, aku juga denger bbrp temen lulus seleksi intern di perusahaan H dan mreka masih menunggu jadwal interview. Teman2, mari kita berjuang bersama! 파이팅!

By the way, ini kriteria perusahaan idealku di Korea:
1. Perusahaan yang cukup besar (ex: Samsung, Microsoft, Google)
2. Punya cabang di luar negeri (terutama di Indonesia dan negara besar lainnya)
3. Membutuhkan orang asing
4. Butuh orang yang bisa bahasa Inggris (rasanya aku ga tahan klo harus kerja di lingkungan yang Korea banget)
5. Punya standar sendiri untuk orang asing (jangan maen asal nyamain orang asing sama orang Korea aja)
6. Punya atasan yang baik, yang care, bukan yang cuek
7. Yang sesuai dengan rencananya Tuhan (soalnya klo ngga, walaupun dapet kerjaan juga, mungkin ga bakal betah ntr jadinya)

Leave a Reply

