Kyungsung Samaners

Kalau melihat judulnya, mungkin kamu akan berpikir, ngapain para penari saman dari Kyungsung? ini di studio Arirang?

Setelah beberapa kali hadir dan mengisi acara disana dan disini, sekarang kami ke studio Arirang dalam rangka meramaikan acara Bravo Korea di Seoul. Lomba nari, nyanyi dan lain2 yang pesertanya adalah orang2 yang berasal dari negara ASEAN dan sekarang sedang berdomisili di Korea.

Latihan saman kami hanya berlangsung sekitar 1 bulan dan biasanya latihan dimulai jam stengah 10 malam setelah semua kelas selesai. Cukup sulit mengumpulkan 12 orang penari saman untuk kumpul tepat waktu, oleh karena itu kami menarik denda sebesar 1000 won tiap orang per menit jika dia telat. Aku sendiri sudah menyumbang 3000 won untuk hal itu. Haha. Uang itu sekarang akan diberikan untuk salah seorang teman kami, sang penata rias spesialis eye liner, yang ikutan pergi ke Seoul juga. Total orang yang pergi adalah 15 orang: 12 orang penari saman, 1 penata rias, 1 penabuh gendang, dan 1 orang manager yang sekarang merangkap kerjaan sebagai penabuh rebana.

Bangun stengah 6 pagi hanya untuk mandi, kemudian dilanjutkan dengan latihan saman pukul stengah 7 pagi. Badan kami jujur cukup lelah karena harus berbagi 3 tempat tidur untuk 11 orang, dengan 3 orang tidur di lantai beralaskan kasur tipis dan 1 orang yang tidur di sofa; jadinya kami tidak bisa tidur dengan nyenyak, tapi kami cukup semangat menyambut hari ini. Proses membuat cepolan di rambut, menghias mata dengan eye shadow yang berwarna-warni, menggambar eye liner dan lain2 dilakukan oleh orang yang berbeda sehingga kami harus bergiliran untuk mendapatkan riasan yang utuh.

Pukul 10 kurang, kami sudah sampai di studio dan baru diberi tau bahwa kami hanya akan tampil sekitar 2 menit karena ini adalah audisi. Kami mulai menari dari bagian tengah tarian dan 2 menit kemudian, tarian kami diputus. Agak kecewa karena tarian saman kami ini bisa mencapai 12 menit sedangkan kami cuma memperoleh kesempatan untuk menari selama 2 menit. Hasil audisi hari ini akan disampaikan melalui telepon kepada manager kami.

2 hari kemudian, kami mendapatkan kabar bahwa kami lolos audisi dan akan maju ke final 2 minggu lagi. Senang mendengar kabar itu dan cukup sedih mengingat bahwa latihan saman tiap hari akan terus berlanjut selama 2 minggu ke depan, yang berarti jadwal sehari2 semakin padat dan kaki akan terus pegel2. Tapi harus tetap semangat!

Update: Kami juara 2 di Bravo Asean 2010!

Ini video pas audisinya.

Dan ini pas finalnya. Gimana keren ga? * bangga *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s