[Cerpen 200 kata] Kedatangan

Entah sudah keberapa kalinya aku menginjak tempat ini dalam beberapa tahun terakhir. Musim yang berbeda, tapi masih dengan perasaan yang sama.

Aku tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melewati petugas itu. Aku sudah berkali-kali melewati pemeriksaan ini, dan aku bisa melewatinya hanya dalam waktu beberapa menit. Tanpa menunggu lama, giliranku pun tiba. Aku pun merogoh ke dalam tasku dan mengeluarkan kartu identitasku dari dalam dompet.

Petugas itu tersenyum sambil membalikkan kartu identitasku untuk mengecek tanggal yang tertera disana. Aku menerimanya kembali dan mendongakkan kepalaku ke papan. Baggage carousel number 7.  Aku melihat segerombolan orang yang berkumpul di dekat sana. Masih belum keluar rupanya.

Pikiranku terbang menembus pintu yang ada di hadapanku ini. Betapa inginnya aku melihat mereka di balik pintu ini. Mereka yang bisa menaruh senyum di wajahku dan membuatku melupakan semua rasa capek yang sudah menumpuk. Mereka yang akan menyambutku dengan pelukan dan ciuman, dan aku tentunya akan dengan senang hati membiarkan mereka membawaku kemana saja.

Aku mengalihkan perhatianku ke tempat lain. Oh itu dia, koperku muncul. Aku pun bergegas menarik koperku menuju ke pintu keluar. Udara sejuk menerpa wajahku. Aku pun menarik nafas, menikmati udara yang sudah sekian lama menemani hari-hariku disini.

 

Feels like home. Hello again, Seoul.

[Incheon International Airport. Febuary 2014]

* * *

Incheon International Airport

Incheon International Airport

Pic taken from: http://meijinzwei.egloos.com/2305481

Categories: Fiction | Tags: , | Leave a comment

Overtime-work Day

Hai semuanya. Jumpa lagi dengan Apple disini.
Tebak disini uda jam berapa? Jam 2 pagi dan aku masih duduk dengan manis dong di kantor. Hihi.

Hari ini luar biasa sekali. Dari pagi uda hectic banget kerjaan di kantor. Baru bisa makan siang jam 2 sore, dan makan malam jam 12 malem dong! Agak ngantuk dikit, agak laper tapi saking sibuknya sampe ga punya waktu untuk makan, atau ke toilet sekalipun.

Tapi entah kenapa, aku masih punya tenaga sisa untuk selesaiin kerjaan hari ini. Kayanya kemaren pas di gereja beneran di-charge full deh. Hehehe.

Jadi minggu kemaren, aku beneran uring-uringan ga tau kenapa dan akhirnya meledak pas hari Sabtu. Aku kebangun pagi-pagi gara-gara.. nangis. Aku mikirin apa coba sampe bisa kaya gitu >,< Terus pagi itu jadinya ambil waktu deh buat ngedate sama Tuhan dan langsung di-charge dong baterenya sampe full.

Untungnya batere yang di-charge selama weekend kemaren masih berfungsi dong sampe hari ini. Tumben-tumbenan aku ga bete pas lembur sampai pagi kaya gini. Hehehe.

오늘 하루도 승리했습니다!

Masih keliatan cukup segar kan? ^.^

Masih keliatan cukup segar kan? ^.^

Categories: Dear diary | 2 Comments

Bahagia itu sederhana #7

Bahagia itu adalah …

Ketika kamu menyadari bahwa kamu punya teman-teman baik yang bisa ditelpon tengah malam.

Ketika mereka langsung merespon ketika kamu bilang “aku kesepian” atau “I just don’t feel good” tanpa harus berbicara panjang lebar tentang keadaanmu sekarang.

Ketika kamu tau bahwa hanya mendengar suaranya saja kamu bisa merasa lebih baik. Terserah mereka mo ceramahin kamu macem-macem atau mereka mau cerita panjang lebar tentang hal-hal lain. Mereka ga peduli kalau kamu cuma diam dan mendengarkan, mereka hanya berusaha untuk mengalihkan pikiranmu ke hal lain yang positif.

Yup, itu berhasil! Setelah beberapa saat kemudian, kamu pun menutup telpon dengan perasaan yang jauh lebih baik dan bisa tidur dengan nyenyak malam itu.

* * *

Sepotong percakapan di malam itu..

“Udah tidur?”
“Belum.”
“Tumben jam segini belum tidur. Lagi ngapain?”
“Ga lagi ngapa-ngapain. Not in a good mood”
“Period?”
“Nope”
“Lalu?”
“그냥.. 외로웠어요”
“에블린.. 알아? Itu salah satu kelemahan kamu. Kalau uda tau kamu lemah di bagian itu, diantisipasi dong sebelumnya.”
“…. Emangnya bisa sesuka hatiku, mau kesepian apa ngga ….”

After long conversation, malam itu ditutup dengan satu ayat:

“Don’t worry about anything; instead, pray about everything. Tell God what you need, and thank him for all he has done.  Then you will experience God’s peace, which exceeds anything we can understand. His peace will guard your hearts and minds as you live in Christ Jesus.”
– Philippians 4:6-7 (NLT)

* * *

You are born to be loved.

Last weekend I spent Saturday night with my best friend. No, we didn’t eat at nice and fancy restaurant or something, but we just spend few hours together doing the things that usually a student do. Eat some street food (Hello Nutella crepes, 닭꼬치 and 호떡!) also did some shopping together. We took the same subway to go home that day. Just before I got off from the subway, she said, “Remember, you are born to be loved. 당신은 사랑받기 위해 태어난 사람이야~” and she started to sing the song that I learn before I went to Korea 6 years ago.

Korean Street Food

Korean Street Food

Hari sebelumnya, aku sempet merasa kesepian karena semua kegiatan yang padat di bulan Febuari sudah berakhir dan aku tiba-tiba aku punya waktu luang yang banyak (biasanya penuh sama latihan dan rapat ini itu). Pas dia bilang itu, aku langsung sadar bahwa aku tidak sendirian. Banyak orang yang peduli dan sayang sama aku. Walaupun mereka jauh, tapi aku tau sepotong kata “kangen” dan “how was your day?” itu tidak diucapkan dengan basa-basi tapi diucapkan karena mereka memang peduli. :)

* * *

Bahagia itu adalah …

Menyadari bahwa kamu diciptakan untuk menerima cinta. Dan kamu sedang menikmatinya sekarang dimanapun kamu berada dan apapun bentuknya itu.

“당신은 사랑 받기 위해 태어난 사람
당신의 삶속에서 그사랑 받고있지요~”

Categories: Bahagia itu sederhana | Tags: , | Leave a comment

Bahagia itu sederhana #6

Merasa Disayang

Beberapa potongan dialog yang membuat aku merasa disayang. Hehehe.

* * *

“Do you know? You are so special.” – A.
(She said it almost every time she meets me.)

* * *

“Kalau besok aku pulang ke Indo dan ga ada di Korea lagi, kamu bakal ngapain?”
“Pergi ke tempat anak hilang terus lapor kalau kamu hilang.” – E.

* * *

“Gapapa. Kan ada kita.” – S.

* * *

“보고 싶으면 어떻게?”

* * *

Epilog:

1) Malem minggu kemaren dapet laporan dari beberapa orang gereja kalau David abis nyariin aku. Ni anak nyariin aku sambil teriak-teriak 1 gereja kali ya? Soalnya pas hari Minggunya, semua orang yang ketemu aku laporan begitu dan itu ga cuma 2-3 orang doang yang laporan haha. Feel loved. :)

2) Akhirnya kemaren bisa main sama Noah (1 tahun), adiknya David untuk pertama kalinya. Biasanya dia digendong terus sama mamanya, dan kemaren dia dibiarin main-main sendiri gitu di lantai. Terus dia muter-muter di sekeliling aku padahal akunya ga ngapa-ngapain dia. Papanya yang liat langsung bilang, “Kayanya ga cuma David aja deh yang suka kamu, tapi Noah juga.” Seneng sih, tapi kok kayanya cuma anak laki-laki doang yang tertarik sama aku..yang dewasanya mana?? Hahaha.

* * *

Note: It’s been in draft for months. Haha. Ditulis awal Januari ternyata belom dipost. 

Categories: Bahagia itu sederhana | Tags: , | Leave a comment

Worship God by sleeping

Pernah denger ungkapan yang bilang bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dalam hidup kita ini merupakan ibadah. Ibadah bukan berarti ke gereja tiap hari Minggu, atau pas doa aja, tapi ketika kita lagi di jalan, ketika kita belajar, ketika kita bekerja, semuanya itu merupakan suatu ibadah yang pada akhirnya hanya untuk memuliakan nama Dia saja.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah tidur termasuk ibadah? Jawabannya adalah IYA. Wah, aku sering banget tidur, berarti aku juga sering ibadah dong? Haha. Well, yang aku maksud bukan seberapa seringnya, tapi dalam kondisi apa kita saat itu.

Artikel ini ngejelasin how to worship God by sleeping. Dan ini beberapa kalimat yang mengena di aku.

So I went to sleep. Not because there was nothing to be done, but because there was only one thing to be done: worship God. Sleep is not simply surrender, it can be an act of worship. Sometimes it is the most powerful declaration and demonstration we can make that we are not in control. Our God is. And we trust Him.

I’m a creature, and God is not. I sleep and He does not. He alone can stay awake for eternity. Which is good, because He alone needs to stay awake. He alone upholds all things by the word of His power. I can sleep because He doesn’t.

It was one of the hardest things I’ve done in a long time. With tears running down my cheeks, and my hands curled into fists I breathed in and out the words ‘you alone are God’. And after an eternity of time, my breathing deepened and my fingers relaxed and by the power of the Spirit I worshiped my God through sleep.

large

Untuk pembahasan lebih lengkapnya, silakan baca langsung di blog ini.

* * *

Seperti yang aku sempet bilang di post sebelumnya, ada  3 event besar dalam bulan Febuari ini. Yang pertama, baru aja lewat minggu kemaren. KKR Heidi Baker, a missionary from Mozambique. Dia mulai pelayanannya di Indonesia, kemudian dikirim ke Mozambique dan masih terus melayani orang-orang miskin dan anak-anak disana sampai sekarang.

What I like about her is.. she loves God. She REALLY loves God with all her heart. And also Mozambique. She refers Mozambique as “my country” (her country, I mean.) even though she was born in US. She keep repeating, “Tomorrow I will go home (to Mozambique). I can’t wait to tell my children (the orphans) about this.”

Look? She really put her heart to the ministry that God gives to her.
“You have to love God.”
“Spend some time with Him. Develop greater intimacy.”
Itu 2 pesan yang terus diulang-ulang sama dia.

1782434_594492303968524_792211053_o

YDFC Senior Pastor and Heidi Baker

Oia, minggu kemaren pas lagi KKR itu, baru pertama kalinya aku ngeliat orang ke gereja, ngantri di depan pintu dari 1 jam sebelum kebaktian! Gerejaku yang sekarang bukan gereja gede lho padahal, jadi cukup surprise juga pas ngeliat itu. Terus aku dengan asiknya melenggang masuk dan ngetag tempat duduk yang enak donk. Huehehehe.

* * *

Back to topik. Apa hubungannya KKR kemaren dengan pembahasan tentang tidur diatas? Jadi pas lagi doa, kan disuruh tanya tuh ceritanya, Tuhan mau bilang apa sama kita. Jawabannya…

“No more crying until you fall asleep. coz I’m here. I’m the One who always takes care of you.”

Yah langsung mewek lah pas dapet itu. Hahaha. Padahal kayanya uda lama aku ga nangis-nangis sebelum tidur lhoo. (Walaupun ada sesekali tiap beberapa bulan biasanya) Ternyata Tuhan ga suka toh. Jadi sekarang, yes! I’ll try to worship God by sleeping! *langsung tidur banyak-banyak* #eh

Categories: Christianity | Tags: , | Leave a comment

21 Weird Things Girls Do When They’re Alone Together

Taken from: Though Catalog

1. Say “is it okay if I take my pants off” before taking their pants off and remarking about how cute their underwear is and where they bought it.

2. Joke about having pillow fights in their underwear because that’s a cliched thing we’re told men fantasize about/think girls do when they’re alone together.

3. Talk about sex. Great sexual experiences, awkward sexual experiences, rude sexual experiences, what they like, what they hate, etc, etc, etc. If lots of liquor is involved, and the stars are aligned, demonstrations may follow.

4. Pull their hair into a messy knot on the tippy top of their head and lay in bed together, texting.

screen-shot-2013-12-20-at-2-21-41-pm

5. Sleep in the same bed and fall asleep giggling about nothing.

6. Give each other back rubs while watching TV.  - I think me and my friends prefer to 뒹글뒹글 (atau guling-gulingan) on the bed than giving each other back rubs.

7. Get each other Monday night wasted while ‘watching’ The Bachelor.

8. Tell each other secrets. Like, that they are worried about money or cheated on their boyfriend or that. Bragging is reserved for “I HAVE NEWS” texts or brunches and happy hours. Dark thoughts = secrets.

9. Do gross things like pick zits, belch, and talk about periods and UTIs.

10. Compare nipple sizes and breast texture. – No, not the texture, only the size :P

11. Take several rounds of front-facing camera group selfies.

903166_10151794847519027_8340971_o

12. Gather around a laptop and creep on crushes or exes current girlfriends.

13. Disect the characters on reality television shows with the precision of doctoral psychology students.

14. Sit cross-legged on the floor and do their makeup in front of a mirror.

15. Alternatively, share their makeup until it’s in one gigantic, homogenous pile in the sink.

16. Ask questions about what they think the future will be like, or what they want to accomplish, or what kind of person they think they will end up with and give sincere, thoughtful answers.

17. Devour food in decidedly un-ladylike fervor.

18. Browse through their selfie collection and wonder aloud whether they were prettier in 2010, to a chorus of “um no”s.

19. Have Sheryl Crow debut album-era singalongs.

20. Face masks and deep conditioning.

21. Feel completely comfortable and happy and understood, for once.

외국인 예배 수련회 - 2011

외국인 예배 수련회 – 2011

Aah, kangen.

Categories: Post-it! | Tags: | Leave a comment

Bye January, Hi February

Ada yg inget ga kemaren ini aku pernah bilang mau perpanjang ulang tahunku sampai seminggu? (Check this!) Dan tau apa hasilnya? Aku rasanya ulang tahun terus sampai sebulan haha. Kemarin ini tepat tanggal 2 Febuari masih ada teman yang ngucapin ulang tahun disertai dengan ucapaan maaf telat sebulan, daripada telat setahun, katanya. *hiyaahh, tapi gapapa, tetep seneng*

* * *

Karena ulang tahunku tepat setelah tahun baru, jadinya jujur, pas ulang tahunnya ga gitu berasa karena semua orang masih heboh dengan “wah uda tahun baru!”-nya. Tapi di minggu-minggu berikutnya, aku masih terus menerima hadiah-hadiah kecil, dilanjutkan dengan meniup kue ulang tahun ke-4 di akhir bulan (tiap minggu 1 kue? haha), dan akhirnya aku resmi menutup perayaan ulang tahunku beberapa hari yang lalu setelah ucapan ulang tahun yang telat sebulan itu.

Perasaanku? Tentunya senang dong. My second birthday in Korea (karena tahun-tahun sebelumnya selalu ulang tahun di rumah) dan ini jauh lebih baik daripada ulang tahun pertamaku disini, 2 tahun yang lalu. Inget banget hari itu hari pertamaku masuk kerja, jadi dalam keadaan agak ribet ngurusin dokumen ini itu pas masuk kerja, dan akhirnya hari ulang tahunku itu berlalu begitu saja, diiringi dengan isak tangis di malam hari dan aku yang merengek-rengek kesepian. Hahaha.

* * *

Sekarang uda bulan Febuari aja. Cepet ya? Apalagi dengan jadwalku yang padat akhir-akhir ini, tiap hari nyampe rumah jam 12 malem, uring-uringan pas pagi karena kurang tidur, dan aku harus bertahan dalam keadaan begini kurang lebih sampai 2 minggu ke depan karena ada acara besar di akhir bulan ini. 3 big events dalam waktu 1 minggu. Acara apa itu? Tunggu ceritanya nanti ya!

Once again, happy birthday to me. You are doing great apple! *pukpuk diri sendiri*

Birthday_candles

Categories: Dear diary | Tags: | Leave a comment

2013 Gratitude List

I have been writing this list since last year Thanksgiving, but have not finished it until 2013 is over. So, even though it’s already 2014, I just want to share this list and I hope it can be a reminder for me about how God works during 2013.

* * *

  1. Thank you Lord, I can spend new year and my birthday with my family in Indonesia. It was short but warm holiday. Thank you for my family.
  2. Thank you because I can go back to Korea safely and find out my housemate has cleaned up and re-decorated our room. I feel so blessed to have housemate like her.

    Look what she did when I'm not at home!

    Look what she did when I’m not at home!

  3. Thank you for the new year surprise. My housemate will be transferred to Indonesia and will start working there in few months. We thought she will be transferred next year, but the decision come out earlier. We have to move out quickly.
  4. Of course we panicked, but thank you because we manage to find new house at early February with some help from my church friends. It’s not a new and well-decorated house but feels more homey.
  5. Thank you for helping us to move our stuff. We can move our items without spending some extra money for paying car or truck rental. Got another help from church. Yeay!
  6. Thank you Lord, now I can sleep alone in my house without being afraid. It takes time though, but now I’m pretty okay with it.
  7. Thank you for allowing us to re-create Indonesian praise and worship community in Seoul! Even though it only last for few months, but it was wonderful.

    Such a blessing!

  8. Thank you for new friends. Few may go but new one comes. So many new friends come from different places. Multiplication. :)
  9. Thank you for the calling. I served various ministry this year. Starting from Indonesian P/W, children ministry and dance team for the Philippines mission trip. Translated pastor sermon from Korean to English. Joined the YDFC P/W team! Thank you for all of that.

    YDFC Eagle's Army Christmas Performance

    YDFC Eagle’s Army Christmas Performance

  10. Thank you for giving me the opportunities to visit new places. I always want to visit at least one country each year. This year, it’s Philippines. China for next year? :)
  11. Thank you for the work opportunity. Even though I should work over-night lately, but I want to be thankful for this. It’s not that easy to find a job, and You put me here. Maybe the salary is not as high as other friends but it’s enough for me.
  12. Thank you for the family in Busan. It will always be my second home. The time that I spent with my junior and the people in church there is precious.

    My second family :)

    My second family :)

  13. Thank you for giving me a new day everyday. A new day to explore Your love. A new day to confess my sins and repent. A new day to share the love.
  14. Thank you for each laughter and tears.
  15. Thank you for each people who prayed for me. Praying for others is not easy thing to do so Lord, please bless them too.
  16. Thank you for every hugs. Haha. I love hugs. And you know, a hug means more than words.

    1174617_10151808316887296_959348989_n

    항상 즐겁게 놀아주는 우리 셀 리더님

  17. Thank you for letting me going through some hardship or sometimes letting me fall. But, I know You are always there, hold my hand and help me to get up again. Lesson learned and once again, thank you for showing Your love for me.
  18. Thank you for every promises, prophecy, and blessings. I’m so glad knowing how You can use everything and everyone, just to speak to me.
  19. Thank you for being my marvelous God, loving Father, and my good friend.
  20. Thank you for all I have. Thank you for the grace. Thank you for everything.
    Thank you. Thank you. Thank you!

* * *

Thankful daughter :)

Thankful daughter :)

Categories: Bahagia itu sederhana, Dear diary | Tags: , , | 1 Comment

Twenty Four

Yes, I’m officialy 24! It’s 25 in Korean age. Anyway, gara-gara umur Korea itu, aku jadi berasa tua! Wow tau-tau uda mau setengah abad aja dan aku masih tinggal di negara ginseng ini. Uda 2 tahun aku kerja di kantor yang sekarang dan uda hampir 6 tahun aku tinggal di Korea!! Astaga, betah amat ya aku disini haha.

Tahun ini aku melewatkan natalan, tahun baru dan ulang tahun tanpa tangisan karena kesepian, tapi yang ada malah kecapean gara-gara kebanyakan maen sana sini. Huehehe. Karena itu, aku masih belom rela kalau ulang tahun yang sudah ditunggu-tunggu itu lewat begitu saja, dan aku memutuskan untuk.. memperpanjang ulang tahun sampai hari Sabtu! (Ulang tahunnya hari Kamis padahal..) O yeah! **Suka-suka yang ultah** Haha. My birthday week.

Biasa kalau ulang tahun, aku dapet ayat atau sejenisnya. Nah tahun ini, aku dapetnya lagu! Yup, lagu ini tiba-tiba ke-play gitu aja di otak aku dari siang sampe malem sebelum tidur. Ini lagu lama, dan jarang dinyanyiin di gereja aku yang sekarang, jadi cukup surprise juga pas tiba-tiba inget, dengerin lagu ini dan mulai meresapi artinya satu per satu.

당신은 하나님의 언약안에 있는 축복의 통로
당신을 통하여서 열방이 주께 돌아오게 되리

[Translation]

You are the pathway of blessing in the promise of God.
All nations will return to God through you.

Amiin! Semoga Apple yang berumur 24 tahun ini bisa menjadi saluran berkat bagi orang-orang di sekitarnya dan mengutip kata-kata seorang teman kemarin malam, “에블린이 많이 컸네~!”

Categories: Dear diary, Sing it ♫ | Tags: , , | 2 Comments

Welcoming 2014

A little bit late but
Merry Christmas and Happy New Year!!

merry_christmas_2013

* * *

Akhir-akhir ini kayanya cuma ada 3 hari dalam seminggu: Sabtu, Minggu dan Senin. Hahaha. Dari minggu kemaren kerjaannya cuma makan-makan enak, main, gereja, kerja dan terus diulang sampai berminggu-minggu rasanya. Terus-terusan makan foreign food, kaya mexican, chinese food dan sejenisnya tiap kali makan bareng temen-temen, bikin aku kangen makanan korea juga. :)

Sama seperti tahun kemaren, tahun ini aku juga ga buat resolusi panjang-panjang. Resolusi tahun lalu yang ga nyampe 10 aja kurang berjalan dengan sukses, jadi tahun ini buat resolusi yang lebih masuk akal. No, I’m not gonna share it here, karena bahkan resolusinya ga lebih dari 5. Jadi, melanjutkan post tahun kemaren yang ini, tahun ini aku juga bakal milih 1 kata aja.

One word for 2014, and that word is: LOVE.

1-Corinthians-13-4-8

Semoga tahun ini aku bisa menjadi orang yang bukan hanya menerima kasih tapi juga bisa membagikannya kepada yang lain. Amiin!

 

Categories: Dear diary | Tags: , , , | 1 Comment

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.