Thanksgiving 2014

Setelah sekian lama ga nulis, tiba-tiba disini udah akhir musim gugur aja nih. Hahaha. Nulisnya sih tetep nulis, tapi akhirnya masuk draft semua karena belum sempet diselesaiin. Tapi tulisan yang kali ini beda karena harus dipost sebelum momentnya kelewatan. Hehehe.

Jadi, hari Minggu kemarin di gereja aku ngerayain Thanksgiving dong. Seperti biasanya, di gereja ada lomba ngafalin ayat afalan. Tahun ini ayatnya dari Mazmur 139, dan ini berlaku untuk semua peserta kecuali anak-anak sekolah Minggu. Ayat afalan anak-anak sekolah minggu itu dari Mazmur 23.

Aku dan teman-teman Indo yang lain disuruh mencoba untuk ikutan, boleh pakai bahasa Indo atau bahasa Inggris. Tentunya kami pilih yang bahasa Inggris dong. Kalau pakai bahasa Indo, entar yang lain nggak ngerti. Hehehe. Setelah mencoba menghafal beberapa ayat, akhirnya kami memutuskan untuk ngafalin per bagian, karena susah untuk nyamain tempo dan pengucapannya. Jadi, 1 orang harus ngafalin 6 ayat.

psalm139

Bible verses that I should memorize

 

Karena kesibukan masing-masing, kami sebenernya ga gitu punya banyak waktu buat latihan bareng-bareng. Jadi 1 hari sebelum hari H, kami main ke kampus seorang teman (dia harus masuk sekolah walaupun hari Sabtu) dan latihan pas jam makan siang.

Kami harus latihan dan merekam latihan kami soalnya kami ga bisa ikutan gladi resik malem itu. Dan apa jadinya? Selain latihan dan ngerekam, kami malah dapet kesempatan untuk melakukan.. autumn photo session! Yeay! Padahal aku udah pasrah lho tahun ini ga ada foto-foto musim gugur karena pas peaknya musim gugur ini aku malah sibuk jadi ga punya waktu untuk jalan-jalan. Emang Tuhan itu baik ya. Aku malah punya kesempatan buat foto-foto sehari sebelum musimnya resmi ganti jadi musim dingin. Abis itu hujan dan daun-daunnya rontok semua soalnya.

wpid-img_20141122_172831.jpg

Hari Minggunya, setelah kebaktian, mulai deh acaranya. 1 word for the event: amazing! Syaratnya cuma 1, afalin ayat afalan doang, tapi kreativitas pesertanya boleh diacungin jempol. Anak-anak sekolah minggu bisa ngafalin Mazmur 23 dengan lancar, dan untuk yang remaja dan orang dewasanya, ada yang bikin Mazmur 139 itu jadi lagu, ada yang setengah ngerap gitu ngikutin ritme tepukan tangan, dll.

Hasilnya? We got the second prize! Woohoo! Beneran ga nyangka. Glory to God!

Wear batik on Thanksgiving Day. Baby Shua joined us while we were taking this picture

It was productive and pretty amazing weekend. Busy but I still have time to do household chores, had short quality time with friends, and else. And oh, I will have some events waiting for me on December. Can’t wait!

P.S: I will be home on Christmas! ✈

20 Facts About Me

image

1. I enjoy playing and spending time with babies and kids under 6-7 y.o. for hours.

2. I’m not really good when I meet a new person. Not good at talking. Need longer time to get along with others. Prefer small group than bigger one.

3. I’m good listener.

4. Pink is my favorite color. But one day, my ex-roommate said to me that I have to be more mature. Since then, when I buy something, I choose red or white. Still have few things in pink, but not as much as before.

5. I still sleep with my teddy bear. I have one named Bear-bear and bring him everywhere I go. He loss one of his ear when I was in middle school. And one day, my mom took the bear. I don’t really remember what happen to him. Maybe my mom throw him away. Is it the end of it? Of course not. Then, I got another bear. Blue bear. I have no special name for him, but my dad called him Teddy, and my other friends in university called him BBB (Blind Blue Bear). Why? Because he loss both of his eyes when I was playing with him. I don’t remember exactly why. Hehehe.

Just for reference. Can’t agree more with this article. :)

http://www.buzzfeed.com/tabathaleggett/problems-only-adults-who-still-sleep-with-their-bear-will#1hxmru5

6. Even though I enjoy travelling and spending some time outside, I also love to stay at home for the whole day on my day off.

7. Learned ballet when I was in kindergarten. Took English and drawing lesson after that. I won some drawing competitions when I was in middle school and the trophies are displayed in my house. I also learned modern dance, cheerleader (I did participated as a cheerleader on a TV program), and learned modelling. Only learned it for a month and I quit. I realize that I’m not that good at that kind of area. Never took any private lesson related with my school subject such as math, physics or else.

8. I prefer to invite some friends to come at my house rather than go and visit their house. Even though it means that I have to clean up my house.

9. I collect postcards and love receiving hand-written letter. I put them all in my treasure box which I open once in a while just to remind myself, how much I am loved.

10. I have this rule: no dating for a year after break up. A year is more than enough to move on, stop comparing others with my ex and preparing my heart to love someone new.

11. I’m a cry baby. My friends even called me water balloon because I can burst into tears anytime, anywhere. (Not really literally, but yeah..)

You can read some stories about it here.

12. Chocolate and ice cream are my stress reliever.

image

Perfect way to end the day

13. I’m a morning person. I prefer wake up early than staying up late.

14. Prefer ironing than washing clothes. Prefer eating than cooking. :P

15. Sensitive to mosquitoes. I don’t understand why they like me so much. Am I delicious? Even though I’m in a room full of people, they only bite me, not others. Don’t know why.

16. Not a movie person. Filtering what I watch. Don’t want to watch horror or thriller movie. Lately, I don’t watch fantasy movie too.

17. For me, roller coaster is a must-ride attraction on the theme park. I always sit in first 5 rows, never want to sit at the back of the train.

18. On the other hand, I can’t ride any attractions that goes upside down. Makes me dizzy.

19. I love night walk and night talks. I enjoy walking around at night around my neighborhood while watching the stars.

20. A big sister. The one and only granddaughter on father’s side. God’s precious daughter.

The Happy Girl

The Happy Girl

My Weekend Routine

Saturday

Main bersama teman-teman

Main disini berarti travel plus makan-makan cantik. Hahaha. Well, at least once every month or every 2 months, aku akan pergi jalan-jalan ke suatu tempat bersama semua teman Indo (yang dulu 1 kampus) yang available di hari itu. Biasanya sih rombongan jalan-jalannya sekitar 4-8 orang, dan jumlah personilnya bisa tambah banyak pas dinner. Biasanya bisa sampai 10-12 orang, apalagi kalau lagi ngumpul-ngumpul acara besar seperti natalan, tahun baruan, dll. Itu tentunya bikin repot karena harus nyari restoran atau cafe yang bisa menampung orang sebanyak itu. Biasanya berakhir di tempat yang luas dan punya tempat duduk banyak! Hahaha.

image

Road Trip, Summer 2013

image

Autumn 2013

image

Makan malam cantik versi aku dan teman-teman (ga ada foto pas makannya, yang ada foto setelah makan hehehe)

Pelayanan

Once every 2 weeks, aku pelayanan sebagai singer di youth. Nah yang ini masih sering mood-mood-an sih karena kadang tergoda untuk jalan-jalan sama teman-teman yang lain. Masih harus belajar untuk menentukan prioritas.
image

Pas lagi nanyi lagu Indo di gereja. Summer 2013

* * *

Sunday

Nah klo hari Minggu sih jadwalnya sudah sangat amat jelas dan ga bisa diganggu gugat lagi, kecuali ada hal yang sangat penting.

Kalau lagi ada jadwal pelayanan, which is once every 2 weeks, jam 8 pagi uda muncul di gereja buat doa. Lanjut dengan kebaktian pagi karena aku melayani sebagai singer disana. Lalu dilanjutkan dengan kebaktian siang jam setengah 12, yang biasanya banyak temen-temen Indo juga yang dateng. Selesai kebaktian, makan siang di gereja, lalu siap-siap kebaktian sore lagi deh. Haha. Kesannya kaya rajin banget ya kebaktiannya, tapi kebaktian sore biasanya lebih enak. Susunan kebaktiannya lebih bebas, pujiannya lebih semangat, dan sering diputerin film juga buat nonton. Kebaktian kan ga harus dilewatkan dengan duduk manis sambil dengerin kotbah. Hehehe.

Kalau ga lagi pelayanan sih, aku skip kebaktian pagi, jadi dateng ke gereja dari siang aja. Terus sekarang aku lagi ada kelas harmonisasi. Ceritanya pas awal tahun, aku abis ikutan kelas gitar di gereja, nah sekarang ambil kelas tingkat atasnya gitu deh. Belajar cara ubah-ubah chord, gambar-gambar not balok, dll. Kelas kali ini boleh dibilang wajib untuk orang-orang yang gabung di tim musik. Aku sendiri bukan tim musik tapi disuruh ikutan, yowis ikutan deh. Masalahnya adalah aku sama sekali ga ada background musik! 2 tahun yang lalu aku baru mulai serius belajar gitar dan cuma bisa main kode dasar. Kalau uda disuruh main pake chord yang ada minor atau (#)nya sih, bye-bye aja. Sedangkan yang ikutan kelas ini semuanya minimal bisa main piano atau gitar, dan mereka bisa mengganti chord musik diluar kepala gitu. Jadi sebenernya butuh perjuangan banget buat ngikutin kelas ini. Belajar musik pake korea? Siapa takut? Haha.

Masih belom selesai nih. Selesai kelas, makan malem dulu dong. Kalau lagi ga ada kelas, biasanya bisa makan malem plus dessert yang akhirnya bikin kenyang banget dan jadinya ngantuk. Padahal hari Minggunya masih belom selesai! Minggu malam ditutup dengan latihan singer selama 1 setengah sampai 2 jam. Biasanya balik ke rumah sekitar jam 10 malem dan siap-siap untuk menyambut hari Senin!

* * *
HappyWeekend_10_12

YDFC Kingdom Family – Summer Retreat

Ini kedua kalinya aku ikutan retreat di YDFC (Young Dong First Church – gerejaku sekarang). Retreat pertamaku di YDFC itu 2 tahun yang lalu. Aku masih orang baru, baru 2 bulan dateng ke gereja itu dan langsung diajakin retreat. Aku inget banget dulu aku masih belum bisa ambil cuti karena baru mulai kerja juga. Jadi cuma bisa ikutan retreat 1 hari pas tanggal merah dan pagi-paginya dianterin sampai ke kantor. Hehehe.

Nah, retreat yang kali ini tentunya beda dong. Secara aku juga uda 2 tahun di gereja ini, kenal lebih banyak orang, terus retreat kali diadain 3 hari dan aku bisa ikutan full! Tema retreat kali ini adalah Kingdom Family. Aku sekamar sama cell group aku, yang terdiri dari 2 young married couples, one baby, cell leader aku dan tentunya aku juga termasuk. Formasi yang agak aneh tapi berasa banget kekeluargaannya. Kaya lagi jalan-jalan bareng sama keluarga beneran.

Aku mau cerita beberapa highlight dari retreat kemaren ya.

1. Aku dikasih waktu untuk presentasi tentang Indonesia. Cell group aku sih kurang lebih udah tau Indonesia itu negara yang kaya gimana, tapi kali ini aku punya kesempatan untuk jelasin secara detail. Untung dulu pas kuliah, pernah part-time ngajar tentang budaya Indonesia gitu, jadi masih ada PPTnya. So, aku tinggal update itu deh. Aku jelasin tentang bendera negara, seragam sekolah, dan presiden! Siapa presiden sekarang, hasil pemilu kemaren, dan proses gugatan yang lagi berlangsung sekarang. Psst, mereka tau lho yang menang nomor 2. Pemilu Indo kali ini benar-benar punya pengaruh yang cukup besar ternyata di luar negeri. Terus jelasin juga kenapa banyak orang-orang Cina di Indonesia, kapan masuknya, kenapa sering berantem dan lain-lain. Aku kurang tau tentang ini so I did some research dan cukup surprise dengan hasilnya. I found out why Chinese and Indonesians can’t get along together. Ternyata itu semua gara-gara Belanda, pas menjajah Indonesia dulu, mereka sengaja adu domba orang Cina dan orang Indonesia, jadinya berantem deh. Padahal awalnya orang Cina dan orang Indonesia hidup rukun lho. Terus kebiasaan itu terus berlanjut sampai sekarang. Bingung kenapa masih harus mendiskriminasikan orang Cina padahal mereka lahir, sekolah dan kerja juga loh di Indonesia. Kenapa harus dibeda-bedakan?

wpid-img_20140816_093413.jpg

Share the room with this cute baby!

2. Rafting! Yes. Ini acara yang paling ditunggu-tunggu sebenarnya. 2-hours rafting. Sangat menyenangkan dan langsung membuat semua orang tepar di kamar masing-masing setelahnya.

10603290_856114381079797_4653852821871779971_n

Fun way to defeat the summer heat!

3. I got a chance to worship using banner for the first time. Menari bebas dengan menggunakan banner as a worship tool. Rasanya? Nervous. Haha. Ga tau harus ngapain, tapi aku belajar untuk mengekspresikan pujian dan penyembahan dengan cara yang baru. Pujian dan penyembahannya cuma 1 jam tapi tangannya pegel banget  karena ternyata banner itu ga seenteng yang dibayangin.

10603409_855289237828978_4227861024830775601_n

No, that’s not me! I stand few steps behind from her.

4. Aku belajar kalau kasih itu harus dinyatakan dengan perbuatan. Ngga cuma dari perkataan dan peluk-pelukan doang. But by spending some time with others, encouraging each other, saling membangun, dan saling menghibur. Tentunya gampang ngelakuin ini kalau keadaannya lagi baik. Tapi kalau ngga?  Bisakah kamu tetap mengasihi dan berada di samping orang yang keadaan fisiknya kurang? Meluangkan waktu untuk teman yang lain yang butuh pendengar walaupun kamu tau bahwa kamu akan mendengar sumpah serapah dan hal-hal negatif yang mungkin bisa membuatmu down juga? No, you can’t. But He is able. He is able to help you so you can share the love that you already received to others.

5. Kesempatan untuk bergabung dan mengikuti retreat ini merupakan suatu anugerah yang luar biasa. 3 hari full beraktivitas dengan teman-teman dari negara lain. I’m the only Indonesian, most of them are Koreans, and there was some friends from Ethiopia, Congo, Kyrgyzstan, Taiwan, and China. Feel so blessed.

wpid-1408196282271.jpeg

Family from other nations

* * *

Kalau ada yang mau liat, ini kegiatan pas retreatnya. Selamat menonton!

 

* * *

P.S. I made some changes in this blog. Looks simpler and nicer than before, doesn’t it?
And oh, I updated my bio in About Me page and add Travel Journal page too. Don’t forget to check it!

You know you’ve been in Korea too long when…

#1 You own more than 2 umbrellas. 

One for the rain and one for the sun. Smaller one that you can easily put in your handbag, and bigger one for windy rainy day that can make you stay dry during the typhoon season (or at least you try to stay dry by using this umbrella.) Oh, don’t forget, colorful one that match with your clothes and basic or transparent one which you bought on the nearest convenient store when you forget to bring your umbrella.

NISI20111130_0005526611_web

Pic from: Joins News Korea

#2 You can wear a mini skirt even when it is negative 5 degrees outside.

At first, I thought it was crazy thing to do. I wore few layer of clothes and still feel cold. How can the Korean girls can wear those mini skirt in these freezing situation? But after a while, I found myself wearing one too. It’s all about fashion. :P

#3 You’ve mastered the art of eating a cake with chopsticks.

In Korea, you will use chopstick to eat everything. Noodles, rice, fried chicken, or cakes. Birthday cakes. Yes, Korean eat cakes with chopstick.

Pic from: banheethespectator.wordpress.com/

Pic from: banheethespectator.wordpress.com

 

#4 You bow to everyone you see as a greeting.

It’s the most difficult Korean habit to break. I found myself bowing to others when I go back in my home country.  In Korea, bowing equals greetings, and how can you live a day without doing so?

#5 You are a Seoul Metro master

Seoul has one of the best subway systems in the world. It is massive. There are stops on almost every block in the entirety of Seoul, and the system is so sprawling that it even extends into not just the surrounding province of Gyeonggi-do, but even into Chuncheonbuk-do and Gangwon-do. It’s fantastic, fast, and cheap. It can be a little overwhelming at first, but after a while, not only do you know which lines match with which colors, but you’re competent at which of the 8+ exits is closest to your intended destination.

If you’re really pro, you’ll have figured out which individual subway car stops exactly in front of the staircase that leads to your transfer subway line, if you need to transfer (these are marked). By now, you’re so native that you can navigate three different subway lines and two sets of transfers without even needing to pause or looking up from whatever game you’re playing on your smartphone.

Seoul Subway Map 2014 Can you find your way home?

Seoul Subway Map 2014
Can you find your way home?

#6 You group text your friends about grammar, because you can’t tell if a sentence is wrong or just awkward sounding

You know it’s bad when you’ve been out of an English-speaking environment so long that your internal mother-tongue radar needs a recharge. Or in my case, it’s Indonesian. Sometimes I cannot say full long sentence in Indonesian, without using some Korean expressions.

#7 When reading 한글 becomes more convenient than reading English

You know you’ve gone native when reading Hangul becomes more convenient than reading English. A great example of this is in the subway. While all subway station signs are bilingual or trilingual, the name of the station, that is written in Hangul, is obviously written in the largest print. When you’re seated on the subway and don’t want to get up for risk of losing your seat, it becomes a lot easier to read the Hangul on the subway map sign. And oh, when you read restaurant menu.

Which smoody would you like to order?

Which smoody would you like to order?

#8 Everyone you knew is gone

When people first come to Korea, they usually meet a core group of people either from their work or town that they become fast friends with. You share all your first experiences with these people, sharing all the ups and downs of living abroad in a completely different culture. Through these experiences, you become very close to these people quite quickly, and part of your Korean life becomes personified in them.

Then they leave..

Whether its to a different city in Korea, to work abroad in another country, or whether its back to the home country of origin for good, everyone you once knew and were close to will leave. There comes a point where you begin attending a significantly larger number of farewells than you do welcomes. With each person who leaves, part of your history in Korea goes with them. You will not be able to share those first experiences of getting overwhelmed by teaching, going to night club in Hongdae, or eating strange Korean food such as sundae (boiling or steaming cow or pig’s intestines that are stuffed with various ingredients), gopchang (grilled intestines of cattle or pork), pondaegi (silk worm) or other food with anyone else.

#9 Your Korean language skills have gone in one of two directions: you’re kinda competent or you’ve completely given up

Probably everyone comes to a foreign country with the idea that they’ll learn the language. It’s perfectly natural to feel this way: you have a desire to communicate with the locals, you want an easier time getting around, you want to pick up a language just to have another useful life skill. You learn to read hangul and you think, “Hey! That was easy! I’ll be speaking Korean in six months like a native!” After that, maybe you learn one, or both sets of numbers in Korean and you think “Wow! Now I can understand and communicate prices and tell time! This is awesome!”

Then reality hits. Korean is hard. Really hard. What bad is that most middle-class Koreans who want to get ahead are doing everything they can to learn English and want to speak English with you; not Korean.

You really worked hard and after a couple years, you’re conversational, but not fluent. The number of people in this group is dwarfed by the people in the first.

#10 When you’ve left Korea, traveled somewhere else, return to Korea and it feels like home
Can’t agree more.

Hi Seoul!

Hi Seoul!

* * *

Taken from:

1. http://abreathofforeignair.com/2013/11/06/you-know-youve-been-in-korea-too-long-when/

2. http://inbetweensoju.com/10-signs-that-youve-gone-native-in-south-korea/

3. http://inbetweensoju.com/10-more-signs-that-youve-gone-native-in-south-korea/

4. http://kimchi-monster.tumblr.com/post/59658136361/10-signs-youve-been-in-korea-too-long

.. with some modification based on my personal experiences. :)

[Cerpen 200 kata] Kedatangan

Entah sudah keberapa kalinya aku menginjak tempat ini dalam beberapa tahun terakhir. Musim yang berbeda, tapi masih dengan perasaan yang sama.

Aku tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melewati petugas itu. Aku sudah berkali-kali melewati pemeriksaan ini, dan aku bisa melewatinya hanya dalam waktu beberapa menit. Tanpa menunggu lama, giliranku pun tiba. Aku pun merogoh ke dalam tasku dan mengeluarkan kartu identitasku dari dalam dompet.

Petugas itu tersenyum sambil membalikkan kartu identitasku untuk mengecek tanggal yang tertera disana. Aku menerimanya kembali dan mendongakkan kepalaku ke papan. Baggage carousel number 7.  Aku melihat segerombolan orang yang berkumpul di dekat sana. Masih belum keluar rupanya.

Pikiranku terbang menembus pintu yang ada di hadapanku ini. Betapa inginnya aku melihat mereka di balik pintu ini. Mereka yang bisa menaruh senyum di wajahku dan membuatku melupakan semua rasa capek yang sudah menumpuk. Mereka yang akan menyambutku dengan pelukan dan ciuman, dan aku tentunya akan dengan senang hati membiarkan mereka membawaku kemana saja.

Aku mengalihkan perhatianku ke tempat lain. Oh itu dia, koperku muncul. Aku pun bergegas menarik koperku menuju ke pintu keluar. Udara sejuk menerpa wajahku. Aku pun menarik nafas, menikmati udara yang sudah sekian lama menemani hari-hariku disini.

 

Feels like home. Hello again, Seoul.

[Incheon International Airport. Febuary 2014]

* * *

Incheon International Airport

Incheon International Airport

Pic taken from: http://meijinzwei.egloos.com/2305481